Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)

Kali ini saya akan membahas tentang salah satu komunikasi yang telah digandrungi para remaja maupun dewasa nih. Yaitu komunikasi Daring atau bisa kita sebut dengan komunikasi maya atau komunikasi semu, istilah kerennya sih cyberspace. So, stay on this page yaa…

  1. Pengertian Komunikasi Daring

Komunikasi daring adalah komunikasi yang menggunakan media atau sarana internet dan dilakukan secara On-line. Komunikasi daring juga dapat disebut dengan komunikasi dunia Maya (komunikasi semu).

2.  Komponen Komunikasi Daring

Komunikasi daring dapat berjalan jika kita memiliki komponen pendukung, seperti:

a. Perangkat Keras atau Hardware

Perangkat ini dapat berupa komputer, smartphone, atau alat-alat lain yang dapat digunakan untuk menggunakan Internet.

b. Perangkat Pendukung Koneksi Jaringan Internet

Perangkat ini dapat berupa Modem, Wi-Fi (baik Portable atau Wireless)

c. Software atau perangkat lunak

Perangkat ini pula dapat berupa aplikasi-aplikasi yang dapat menjalankan komunikasi daring. Misal: Facebook Messenger pada Android, Skype, Google+, Hangout, Whatsapp dll.

3. Jenis-jenis Komunikasi Daring

Komunikasi Daring dibagi atas dua:

a. Komunikasi daring sinkron

Komunikasi daring sinkron adalah komunikasi daring yang dilakukan secara serempak (sinkron) dilakukan secara real time dan tidak ditunda dalam komunikasinya. Contoh komunikasi Daring Sinkron adalah: Skype, FaceTime dll.

b. Komunikasi daring asinkron

Komunikasi daring asinkron adalah kebalikan dari komunikasi sinkron, tidak dilakukan secara serempak (Asinkron) dilakukan secara ditunda (menunggu balasan dari Komunikan).  Contoh komunikasi daring Asinkron adalah : Gmail, Yahoo Messenger, Facebook dll.

Nah, teman-teman… Sudah mengerti kan apa itu komunikasi Daring… Masih belum jelas? Silahkan comment, Insyaallah bakalan saya balas. Juga bisa Email saya di Aryakharisma1@gmail.com untuk penjelasan lebih lanjut. Terima kasih.. Tunggu post berikutnya dari saya ya… See You.

Remember: “Knowledge Helps you to Know the World”

Leave a comment